Jaman sekarang, harga tanah semakin mahal.

Apalagi yang letaknya dekat dengan pusat kota. Nah, oleh karena itu, biaya yang diperlukan untuk membangun rumah pun juga kian melangit. Dari situlah muncul banyak persepsi bahwa keluarga baru, atau keluarga muda semakin sulit untuk mencari atau membangun rumah tinggal di daerah kota. Tentunya permintaan akan tempat tinggal di daerah kota juga semakin banyak dan sudah melebihi batasnya. Hal ini menyebabkan banyak terbangunnya bangunan-bangunan tempat tinggal liar yang bertempat di pinggiran-pinggiran kota.

2015-09-02-163438

Persepsi tersebut bukanlah hal yang perlu di bicarakan lagi soal benar atau salahnya, karena jelas rakyat membutuhkan tempat tinggal yang layak huni. Dan pemerintah sudah memiliki visi untuk mulai membangun pemukiman “vertikal” seperti apa yang tertera pada situs PU yang di kutip sebagai berikut :

Pemerintah dimasa-masa mendatang tetapmemprogramkan pembangunan infrastruktur bidang sarana dan prasarana dasar pada Kawasan Siap Bangun (Kasiba) dan Lingkungan Siap Bangun (Lisiba) yang tersebar di kota-kota besar seluruh Indonesia. Bantuan infrastruktur berupa pembangunan jalan lingkungan, sanitasi dan air bersih pada kawasan Kasiba/Lisiba tersebut di masa depan tetap akan selalu berjalan guna menekan harga rumah,sehingga terjangkau masyarakat. Selain itu dengan adanya bantuan infrastrukturtsb penataan lingkungannya bisa ditata menjadi lebih baik. Seperti halnya padakawasan Driyorejo (Jawa Timur), di Kota Bandung juga bisa dikembangkanpembangunan sarana dan prasarana dasarnya bila lahannya tersedia. Namun ke depanpemerintah mulai memikirkan untuk membangun permukiman vertikal di kota-kota besar.

(Sumber : pu.go.id – Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI)

Sesuai dengan visi tersebut, akan lahir sebuah persepsi bahwa hunian vertikal adalah jalan keluar bagi para keluarga yang menginginkan hunian dengan harga yang relatif terjangkau.

Hal ini secara langsung dianggap oleh para Developer Properti sebagai tantangan untuk bagaimana bisa terciptanya sebuah daerah pemukiman dengan konsep vertikal (Bertingkat) yang strategis dan efisien.

Seperti judul berbicara, kita akan coba bahas faktor apa saja yang menjadi pertimbangan untuk memenuhi segala aspek daerah pemukiman yang strategis dan efisien tersebut.

Pemukiman yang strategis dan efisien

3

Ambil saja sebagai generalisasi, hunian vertikal seperti apartemen ataupun superblok dibangun dengan tujuan untuk mengumpulkan segala kebutuhan hidup penghuni nya. Oleh karena itu pengembang-pengembang atau property developer harus bisa mengemas sebaik mungkin faktor-faktor sebagai berikut :

Lingkungan

peta-sekolah-2

Faktor lingkungan adalah aspek yang sangat vital dalam pembangunan daerah hunian. Karena tidak semua kebutuhan penghuni bisa di bangun di dalam. Seperti contoh pusat perbelanjaan, tempat rekreasi, sekolah, universitas, rumah sakit, dan tempat umum lainnya. Keberadaan dari tempat-tempat umum tersebut menjadi faktor kuat yang mempengaruhi efisiensi dan strategisnya lokasi hunian. Semakin dekat dan semakin terjangkau dari lokasi hunian maka semakin baik efisiensi hunian tersebut.

Fasilitas

Tidak lain dari tempat pemukiman itu sendiri, tentunya fasilitas yang di tanamkan pada hunian juga menjadi tolak ukur efisiensi hunian tersebut. Dalam arti, penghuni tidak perlu susah-susah untuk melakukan sesuatu yang mendasar. Seperti halnya fasilitas parkir untuk menyimpan kendaraan yang aman, dan juga tempat-tempat berolahraga seperti jogging track dan kolam renang.

Selain itu juga fasilitas yang sangat dibutuhkan oleh penghuni adalah convenience store, dimana penghuni dapat mendapatkan barang kebutuhan sehari-hari dengan mudah tanpa harus meninggalkan area hunian.

Akses

Nah, berbicara soal apartemen, superblok, perumahan, atau jenis daerah hunian lainnya, pasti akan dikaitkan dengan lokasi dan akses. Karena sebenarnya aspek inilah yang mempengaruhi nilai efisiensi dari hunian terbesar. Sebagai contoh, sebuah hunian tidak bisa di bilang efisien walaupun lingkungan dan fasilitasnya baik, tetapi akses menuju daerah tersebut tidak mudah.

gangnam-bekasi-sales-presentation-finallow-page-006

Hal ini menyebabkan daerah hunian yang lebih mudah aksesnya, atau dekat dengan jalan raya, jalan tol, bandara semakin tinggi juga nilainya.

tmp_10135-2015-04-15___00-10473_1_11336193557

Dengan keseimbangan dari ketiga faktor tersebut, akan tercipta efisiensi yang tinggi. Tapi perlu diketahui bahwa keseimbangan yang dimaksud bukanlah kelengkapan atau kemewahan, melainkan konsep yang diangkat untuk menjadikan sebuah hunian dibangun tepat untuk sasarannya.

smart-living-2

Jadi, impian kita punya hunian yang murah dan strategis bukanlah lagi hal yang tidak mungkin.

Gangnam District

1

Apartemen Superblok dengan nuansa kreatif dan canggih di Bekasi menawarkan hunian eksklusif dengan fasilitas kelas dunia dan terintegrasi dengan stasiun Aeromovel Bekasi.

Follow Gangnam District on :

Facebook Page        Twitter       Instagram

www.gangnamdistrict.com

Advertisements

2 thoughts on “Seperti apa sih pemukiman yang strategis dan efisien? Yuk kita ulas!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s