socialites

Dengan semakin pesatnya perluasan dan perkembangan ekonomi pasar bebas di Area Asia (Termasuk Asia Tenggara). Semakin banyak juga budaya dari negara-negara seperti dari negeri Jepang, Korea, China, Thailand, Singapura, Malaysia, dan lain-lain.

Dapat sama-sama kita lihat dengan banyaknya pusat bisnis atau tempat-tempat rekreasi, bahkan perumahan dengan nuansa keberagaman khas negara-negara Asia tersebut.

Lalu mengapa bisa demikian? Nah, disini mari kita bahas lebih lanjut apa penyebabnya.

Perilaku Konsumtif

sale

Masyarakat Indonesia dinilai sangat konsumtif. Terbukti bahwa saat ini, Indonesia menduduki peringkat ke dua sebagai negara paling konsumtif di dunia. Sementara di peringkat pertama adalah Singapura. Ironisnya, banyak orang Indonesia yang menghabiskan uangnya dengan berbelanja di Singapura. Hal itu diungkapkan Heppy Tranggono, Ketua Indonesian Islamic Business Forum (IIBF).

“Indonesia negara konsumtif, juga bisa dilihat dari nilai transaksi kartu kredit yang mencapai 250 triliun setahun. Padahal anggaran negara kita hanya 1.200 triliun. Tapi ini fakta,” tandasnya. Negara ini juga kalah nilai ekspornya dibanding Singapura. Pada 2009, nilai ekspor Indonesia 11,5 miliar dollar Amerika. Tahun 2010, naik menjadi 14,5 miliar dolar Amerika.

Popularitas Negara Lain

pop-culture_header_1a

popularitas dari budaya yang terlahir di negara-negara asia lainnya, hal ini juga tidak dapat dipungkiri, karena dengan penyebab pertama perihal perilaku konsumtif dari masyarakat Indonesia, menyebabkan lebih mudahnya masyarakat untuk menyerap tren-tren dari negara lain tersebut.

Nahh, sekarang kita bahas nih, dari lingkup budaya seperti apa saja tren dari negara-negara asia tersebut

1. Tempat/Landmark

1

Tempat-tempat dengan nuansa ala negara asia sudah tersebar banyak di seluruh penjuru kota, tempat ini menjadi destinasi rekreasi keluarga bahkan menjadi destinasi para kaum sosialita untuk berkumpul dan beraktivitas sehari-hari. Sebagai contoh, sudah terdapat banyak landmark yang dibangun oleh perusahaan asia berjangkauan global seperti AEON Mall, Lotte Mall, Pollux Mall Gangnam District yang bernuansa ala negara asalnya masing-masing.

2. Fashion dan kecantikan

why-korean-parents-are-paying-for-their-kids-to-get-plastic-surgeryasian-fashion-boy-cute-fashion-favim-com-722743

Di sektor fashion, tentunya mode-mode yang diperkenalkan kian laris di pasar Indonesia, hal ini disebabkan oleh cocoknya ukuran dan selera pasaran indonesia dengan negara-negara asia tersebut. Selain itu juga sektor kecantikan seperti perawatan kulit, kosmetik bahkan sampai dengan operasi plastik ala negara asia mulai populer di kalangan wanita sosialita Indonesia.

3. Musik dan hiburan

lagu-korea-terbaru-terpopuler

Musik dan film juga membawa pengaruh besar terhadap tren yang dibawakan oleh para kaum sosialita, tidak lain berhubungan dengan mode fashion yang dibawakan oleh para artis dan penyanyi asal negara asia.

4. Kuliner

disum

Yang paling umum dan menyebar luas tidak lain adalah makanan, sebelum era modern negara asia mulai populer di Indonesia, kuliner khas negara asia sudah duluan menguasai pasaran.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s